I/O manager system..

Sebelum lebih jauh membahas apa itu I/O manager system (manajemen input output) sebaiknya harus dipahamin dulu apa yang dmaksud dengan input dan output itu sendiri serta apa saja perangkat-perangkatnya, serta alat Input-Output. Alat input output merupakan piranti I/O (Input/Output) dihubungkan ke sistem komputer lewat I/O bus dan memiliki fungsi khusus untuk memberi masukkan data atau mengolah data atau mengolah data keluaran dari komputer.

Input

Merupakan data atau perintah yang dimasukan ke dalam memori komputer. Perangkat input merupakan komponen piranti keras yang oleh sii pengguna (user) digunakan untuk memasukkan data atau informasi dari luar ke dalamm memori komputer atau mikroprosessor misalnya dari keyboard atau mouse.

Alat-alat input

  • Keyboard
  • Mouse
  • Scanner
  • Flatbed
  • Automatic Document Feeder  (ADF)
  • Disket
  • Hardisk
  • CD ROM

Output

Output merupakan data yang telah diproses oleh komputer menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan oleh si pengguna (user). Empat kategori dasar yang ada pada output yaitu grafis, teks, audio dan video. Perangkat output merupakan komponen piranti atau perangkat keras yang menyampaikan informasi.

Alat-alat output

  • Monitor
  • Printer
  • Speaker
  • Proyektor

I/O manager system (manajeman input output sistem) yang sering disebut juga dengan device manager menyediakan device driver yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam atau secara bersamaan misalnya membuka, membaca, menulis, dan menutup. Contohnya pengguna (user) menjalankan atau menggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada perangkat keras, CD ROM dan floppy disk.

System I/O terdiri dari system buffer yang fungsinya dapat menanmpung sementara data dari atau ke piranti I/O, spooling berfungsi untuk penjadwalan dalam pemakaian I/O agar lebih efisien (masalah waktu), antarmuka device driver yang umum sehingga dapat menjalankan system operasi secara seragam, kemudian device untuk spesifik perangkat keras untuk menyediakan device agar dapat melakukan operasi secara rinci atau detail untuk perangkat keras tertentu.

Hal-hal yang melatar belakangi sistem I/O pada komputer adalah adanya sistem operasi, sistem operasi mempunyai fungsi utama salah satunya adalah mengatur jalannya operasi input output beserta perangkatnya. Sistem operasi  juga harus memberikan perintah ke perangkat-perangkat tersebut, menangkap interupsi dan menangani eror atau kesalahan yang terjadi serta menyediakan perangkat antarmuka (interface) antara perangkat tersebut dengan keseluruhan sistem yang ada.

Perangkat I/O dibagi menjadi 2 yaitu perangkat blok (yang menyimpan informasi dalam bentuk blok-blok) dan perangkat karakter (mengirim/menerima sebaris karakter tanpa menghiraukan blok). Selain perangkat sistem I/O terdiri dari 2 unit komponen yaitu komponen mekanis (mouse, layer,keyboard dll) dan komponen elektronik (disebut pengendali perangkat I/O).

 

sumber:

http://www.gudangmateri.com/2009/12/manajemen-input-output-komputer.html

http://jtkpolbanrendyazhary.wordpress.com/2009/01/30/input-output/