Desain..

Desain

biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah “perancangan proses”. Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.

Pengertian Desain

Otak atik blog ternyata masih banyak kekurangannya. Mencoba melengkapi so di tambah Otak Desain . Pgn membahas n berbagi semua hal tentang design grafis, web design n penggunaanya coz itu byk berguna buat skg or nanti. Salah satu web desain yg Gw rancang dari awal yang pernah dibahas disini

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (”proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

1. METAPHOR

Metafora mengidentifikasikan hubungan antara benda dimana hubungan tersebut lebih bersifat abstrak daripada nyata serta mengidentifikasikan pola hubungan sejajar. Dengan metafora seorang perancang dapat berkreasi dan bermain-main dengan imajinasinya untuk diwujudkan dalam bentuk karya  arsitektur.

comment:

prinsip ini dapat juga dilihat pada http://www.wordwidestore.com. pada situs ini pengunjung seolah-berada dalam pusat perbelanjaan tanpa harus datang pada pusat perbelanjaan yang sesungguhnya

2.CLARITY

Clarity adalah aplikasi OSS di industri telecom yang mampu mendukung semua bisnis proses yang ada dalam perusahaan atau Clarity sebagai tools untuk melakukan beberapa bisnis proses yang tercakup dalam provisioning.

Lebih detail apa yang dikerjakan oleh Clarity sebagai tools, akan ditulis dalam waktu yang berlainan. Waktu sudah menunjukkan 12:39, it’s time to sleep mate.

comment :

http://www.schwab.comn merupakan situs yang terdapat prinsip mengenai clarity, dalam situs ini berisi tentang kejelasan suatu finansial,manajemen,banking, juga tentang rencana atau plan apa saja yang akan di lakukan kedepannya.

3. CONSISTENCY (konsistensi)

Konsistensi dalam ilmu logika adalah teori konsistensi merupakan sebuah sematik dengan sematik yang lainnya tidak mengandung kontradiksi. Tidak adanya kontradiksi dapat diartikan baik dalam hal semantik atau berhubung dgn sintaksis. Definisi semantik yang menyatakan bahwa sebuah teori yang konsisten jika ia memiliki model.

comment:

pada situs http://www.santapean.com kita akan melihat sesuatu yang artistik yaitu seperti hal nya arsitektur dekorasi rumah,ruangan,sesuatu yang berhubungan dengan etnik.

4. ALIGNMENT(meratakan)

Dalam jaringan komputer merupakan proses meratakan komponen sebuah sistem terhadap komponen lainnya. Misalnya sinkronisasi waktu komputer dari suatu sistem. Atau

Salah satu prinsip-prinsip desain, keterpaduanmengacu pada berbaris atas, bawah, sisi, atau tengah elemen teks atau grafis pada halaman.

Horizontal alignment meliputi

  • flush-kiri (juga disebut kiri-dibenarkan atau compang-camping kanan),
  • flush-kanan (juga disebut benar-dibenarkan atau compang-camping kiri),
  • terpusat, dan
  • sepenuhnya dibenarkan.

Dengan unsur jajaran vertikal dapat sejajar vertikal – atas, bawah, atau tengah (pusat), misalnya. Baseline alignment akan menyelaraskan teks ke awal, termasuk kolom-kolom yang berdekatan teks.

Penggunaan grid dan panduan dapat membantu penempatan dan keselarasan teks dan grafik.

Penuh pembenaran teks (alignment dibenarkan sepenuhnya) dapat membuat tidak rata dan kadang-kadang enak dilihat ruang putih dansungai-sungai ruang putih di dalam teks. Ketika dipaksa pembenaran yang digunakan, jika baris terakhir kurang dari 3 / 4 lebar kolom menambahkan spasi di antara kata atau huruf ini terutama terlihat dan tidak menarik.

Pertimbangkan untuk menggunakan alignment rata kiri. Jika diperlukan pembenaran penuh, perhatian yang cermat dan menit penyesuaian lebar baris atau kolom, mengubah ukuran font dari seluruh dokumen, dan menyesuaikan hyphenation kata dan dapat membuat karakter spasi lebih konsisten.

5. PROXIMITY(kedekatan suatu field)

Apabila kita membuat suatu data yang terdiri dari beberapa atau banyak file dan field tentunya kita ingin apabila data tersebut rapi,tidak tercecer atau berantakan,salah satu upaya menggunakannya adalah dengan prinsip proximity,yaitu kita dapat mengatur jarak atau kedekatan dari suatu field-field tersebut.

6. CONTRAST

Beberapa warna akan menimbulkan efek kontras yang berbeda,semakin dominan warna tersebut akan semakin kontras.Warna kontras, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna. Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan jingga.

comment:

pada situs http://www.delta.com merupakan situs airlanes,dalam situs ini dengan dasar putih bertemu dengan biru maka tidak terlalu kontras sehingga tidak menyakitkan mata bagi pengunjung situs ini.tingkat kecerahan warnanya pun bagus,tidak membuat mata pengunjung menjadi silau.

sumber:

http://otakkacau.co.cc/2008/10/28/pengertian-desain/,

http://grafisindo.blogspot.com/,

http://calonarsitek.wordpress.com/2008/10/22/metafora-definisi-dalam-arsitektur/,

http://morisca.multiply.com/journal/item/1/Clarity_Provisioning_di_HCPT,http://id.wikipedia.org/wiki/Konsistensi_(logika),

http://desktoppub.about.com/od/designprinciples/g/alignment.htm.

http://otakkacau.co.cc/2008/10/28/pengertian-desain/,

http://grafisindo.blogspot.com/,

http://calonarsitek.wordpress.com/2008/10/22/metafora-definisi-dalam-arsitektur/,

http://morisca.multiply.com/journal/item/1/Clarity_Provisioning_di_HCPT,

http://id.wikipedia.org/wiki/Konsistensi_(logika),

http://desktoppub.about.com/od/designprinciples/g/alignment.htm.

http://otakkacau.co.cc/2008/10/28/pengertian-desain/,http://calonarsitek.wordpress.com/2008/10/22/metafora-definisi-dalam-arsitektur/,