I Robot

Sinopsis :

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/I,_Robot_(film)

I, Robot merupakan fiksi ilmiah tahun 2004. Film ini disutradarai oleh Alex Proyas dan diproduksi oleh John Davis, Topher Dow, Wyck Godfrey, Laurence Mark dan Will Smith. Naskah ini ditulis oleh Jeff Vintar, Akiva Goldsman, dan Hillary Seitz dan secara longgar didasarkan pada Isaac Asimov cerita pendek koleksi nama yang sama. Will Smith membintangi peran utama dari film sebagai Detektif Del Spooner, yang membenci dan tidak menyukai robot integrasi mereka ke dalam kehidupan manusia sehari-hari. Anggota lain dari pemain termasuk Bridget Moynahan, Bruce Greenwood, James Cromwell, Chi McBride, Alan Tudyk, dan Shia LaBeouf. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 Juli 2004 dan pada 22 Juli 2004 di Australia. Film ini dirilis di Inggris Raya pada 6 Agustus 2004 dan di negara lain antara Juli 2004 sampai Oktober 2004.

Film diperoleh US $ 144.801.023 di Amerika Serikat dan US $ 202.433.893 di luar Amerika Serikat. Secara keseluruhan, film ini memperoleh US $ 347.234.916 di seluruh dunia, dengan anggaran sebesar US $ 120 juta.
Cerita terjadi di Chicago 2035, di sebuah dunia di mana robot yang sering dilihat dan digunakan sebagai pelayan. Del Spooner (Smith) adalah seorang detektif polisi Chicago yang tidak menyukai kemajuan pesat teknologi, termasuk robot. Hal ini disebabkan oleh robot menyelamatkan Spooner dari kecelakaan mobil di mana seorang gadis di mobil lain tenggelam; robot selamatkan dia bukan gadis karena sudah dihitung bahwa ia memiliki probabilitas terbaik untuk bertahan hidup. Waktu dengan korban bersalah dan lengan mekanis dari kecelakaan, Spooner dikirim untuk menyelidiki bunuh diri jelas Dr Alfred Lanning (Cromwell), seorang ilmuwan di US Robotics (USR).
Spooner mencurigai bahwa Lanning dibunuh dan, dengan bantuan enggan USR robopsychologist Susan Calvin (Moynahan), mencari jawaban atas misteri. Tidak seperti model lama, baru USR NS-5 robot yang dikendalikan dari perusahaan superkomputer viki (Virtual Interactive Kinetic Intelligence); Spooner percaya bahwa yang mandiri, eksperimen, dan lebih manusiawi seperti NS-5 unit, Sonny (Tudyk), membunuh Lanning. Jika benar, robot memecah Tiga Hukum Robot, dan mungkin pertanda robot berbahaya lainnya, yang akan menjadi bencana bagi bisnis USR. Spooner menginformasikan kepala USR, Lawrence Robertson (Davidson); ia Calvin untuk menonaktifkan perintah Sonny. Selama penyelidikan Spooner Namun, beberapa upaya hidupnya dibuat oleh USR robot dan peralatan.
Spooner belajar bahwa Sonny Lanning memberikan kemampuan untuk menyimpan rahasia, dalam bentuk mimpi. Dia pergi ke tempat yang Sonny dijelaskan dalam mimpi (yang sekarang sudah kering Danau Michigan, digunakan sebagai tempat penyimpanan tidak berfungsi USR robot) dan menemukan bahwa NS-5s menghancurkan robot yang lebih tua, yang independen dari kontrol pusat dan dengan demikian tidak dapat ditumbangkan. NS-5s sekitar Chicago dan bangsa mulai memenjarakan manusia dalam rumah tangga mereka dan memaksa mereka yang di luar untuk pulang. Manusia dan pertempuran robot, tetapi robot lebih kuat dan lebih cepat. Spooner menyelamatkan Calvin dari robot sendiri dan keduanya menyelinap ke kampus USR dengan bantuan Sonny (Calvin telah dinonaktifkan NS lain-5 unit sebagai gantinya). Percaya bahwa Robertson bertanggung jawab atas robot pemberontakan mereka masuk kantornya, tapi menemukan bahwa Robertson sudah mati. Spooner menyimpulkan bahwa satu-satunya yang tersisa yang bisa bertanggung jawab adalah Viki yang tidak hanya mengendalikan semua NS-5s tetapi juga mengontrol sebagian infrastruktur Chicago.
Tiga Hukum Meskipun pemrograman, seperti kecerdasan buatan viki berevolusi, demikian pula dengan penafsiran hukum. Viki memutuskan bahwa untuk melindungi umat manusia secara keseluruhan “beberapa manusia harus dikorbankan dan beberapa kebebasan harus menyerah”, sebagai “Anda mengisi kami dengan penyimpanan Anda, namun Anda upah toxify perang dan bumi Anda”. Komputer ini mengendalikan NS-5s untuk memimpin pengambilalihan robot global, membenarkan tindakannya dengan menghitung bahwa sedikit manusia akan mati karena pemberontakan daripada jumlah yang mati dari diri manusia bersifat merusak. Viki Lanning menemukan rencana dan Sonny memerintahkan untuk membunuhnya sebagai bagian dari rencana jangka panjang untuk mengalahkan komputer. Sonny membuktikan kesetiaan kepada umat manusia dengan membantu Spooner dan Calvin melarikan diri Viki’s robot penjaga. Mereka berhasil menghancurkan inti komputer; dibebaskan dari Viki’s kontrol, NS-5s kembali normal dan infrastruktur Chicago diaktifkan kembali. Pemerintah telah semua NS-5’s dinonaktifkan dan disimpan di Danau Michigan situs, tapi film menyiratkan bahwa Sonny mungkin belum menjadi pemimpin robot.

COMMENT :

flim yang menceritakan tentang kehidupan masa depan dengan adanya penggunaan robot sangat bagus untuk di tonton, dimana pada kenyataannya tekhnologi yang ada akan sudah sangat maju sehingga dapat menciptakan robot yang dapat membantu kita dalam melakukan apapun.karna robot itu dciptakan mirip sekali dengan manusia.

dalam film ini robot yang telah dciptakan mempunyai hukum-hukum yang berlaku yaitu diantaranya : robot tidak boleh membunuh manusia atau melukai manusia, robot harus mematuhi perintah manusia sepanjang tidak menyalahi aturan pertama, dan robot harus melindungi dirinya sendiri selama tidak melanggar aturan satu dan dua.

akan tetapi pada kenataanya masih banyak hal yang salah dalam pengoprasiannya, robot sering disalahgunakan yang menyebabkan robot berubah menjadi kacau atau berubah menjadi jahat dan malah menyerang manusia. oleh karena itu penggunaan robot harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Sutradara : Alex Proyas

Produser : John Davis

Topher Dow
Wyck Godfrey
Laurence Mark

Penulis : Isaac Asimov

Jeff Vintar
Akiva Goldsman
Hillary Seitz (uncredited)

Pemeran : Will Smith

Bridget Moynahan
Bruce Greenwood
James Cromwell
Chi McBride
Alan Tudyk
Shia LaBeouf

Tahun Rilis : 2004